Karakteristik Wirausaha

Setelah sebelumnya saya tuliskan tentang sifat-sifat yang harus dimiliki seorang wirausahawan(pengusaha-me), mari selanjunya kita mengenali karakteristik dari wirausahawan. Setiap orang yang akan memulai sebuah usaha sudah seharusnya mengetahui karakteristik dari wirausaha, yang nantinya dapat dijadikan acuan terhadap step-step yang akan dilakukan. Pertama kali saya akan menjelaskan tentang karakteristik wirausahawan menurut Bygrave.

DREAM
Dapat diartikan sebagai impian. Maksud sari dream disini adalah bahwa seorang wirausahawan pastilah mempunyai mimpi. Pada tahap selanjutnya mimpi itu dapat dijadikan visi untuk selanjutnya dijadikan landasan dasar terjadap suatu usaha yan kan digelutinya.

DECISIVENESS
Artinya perencanaan. Sebelum anda melakukan sesuatu sudah seharunya anda memilikki perencanan yang matang, agar segala sesuatunya dapat berjalan sesuai prosedur yang anda inginkan.

DOERS
Tidak bertindak lambat, anda tidak perlu menunggu waktu untuk segera melakukan usaha tersebut. Mengulur-ngulur waktu artinya anda sudah menunda kesuksessan anda. Jadi langsung jalankan tanpa terlalu lama menuggu waktu yang tepat.

DETERMINATION
Dalam menjalankan usaha anda harus benar-benar memperhatikan usaha yang anda jalankan, atau meninjau secara teratur dan bertanggung jawab terhadap segala kendala yang menghadang usaha anda serta pantang menyerah.

DEDICATION
Konsistenlah terhadap suatu usaha yang anda jalankan. Jadikan usaha anda sebagai sahabat sejati anda yang sudah pasti anda harus loyal terhadap usaha yang anda jalankan

DEVOTION
Jika pekerjaan sudah bisa anda anggap sebagai hobi anda, sudah tentu anda tidak akan pernah lelah untuk menjalaninnya krena anda menjalankan pekerjaan tersebut dengan senang hati. Devotion disini bisa juga diartikan sebagai gila kerja he... tapi bener lho jika anda sudah gila kerja maka tak pernah ada waktu yang anda anggap sia2 untuk bekerja.

DETAILS
Anda harus dapat memperhatikan hal-hal kecil terhadap usaha anda. Jangan sampai karena sebah hal yang sepele menyebabkan pasar sudah tudak percaya lagi terhadap anda, yang dapat menyebabkan anda gulung tikar.

DESTINY
Anda harus dapat bertanggung jawab terhadap tujuan usaha anda, bebas dan tidak bergantung pada orang lain.

DOLLARS
Dollars yang dimaksud disini adalah uang. Dalam suatu wirausaha uang dijadikan sebagai pengukur kesuksessan sebua usaha, karena tujuan dari suatu usaha adalah keuntungan.

DISTRIBUSI
Anda harus bisa memperhatikan setiap karakteristik orang-orang yang ada disekitar anda, yang pada akhirnya nanti anda dapat menyalurkan kepemilikkan bisnis kepada orang yang dipercaya (orang yang berdedikasi).

Semoga anda bisa menjadikan tulisan ini sebagai bahan acuan anda untuk memuli sebuah usaha, untuk pembahasan lainnya tentang wirausaha dapat anda tunggu dari tulusan berikutnya...

0 comments: